Sabtu, 26 November 2016

Dilaporkan : Pembuat Website Berita Hoax Kematian Artis idnzone.net dan hariantribun.co

Dua webiste penyebar berita hoax kematian artis telah dilaporakan kepada kami. Keduanya adalah idnzone.net dan hariantribun.co

Website tersebut menyebarkan berita hoax mengenai kematian Bunga Citra Lestari, salah satu artis nasional Indonesia.

Pelaku menggunakan domain register lokal di rumahweb.com dan NAMECHEAP, INC serta menggunakan sistem host dari wordpress.

Berita hoax dipublish dan disebarkan secara massal pada tanggal 25 November 2016.

Berita hoax disebarkan secara massal melalui boot auto share ke grup-grup facebook.

Link website hoax kematian artis Bunga Citra Lestari :

  1. http://infosumbar.idnzone.net/2016/11/25/bunga-citra-lestari-meninggal-duniadiduga-akibat-penyakit-tumor-yang-diaderitanya/
  2. http://www.hariantribun.co/2016/11/22/bunga-citra-lestari-meninggal-duniadiduga-akibat-penyakit-tumor-yang-diaderitanya/
Hingga kini kami mendapatkan banyak laporan mengenai pembuat website penyebar berita hoax mengenai kematian artis-artis Indonesia. Mohon jangan langsung dipercaya, dan segera laporkan kepada kami untuk kami teruskan kepada penyedia domain, cybercrime polri dan sistem pelaporan google. Adukan Cybercrime baca di sini...


Kami telah menelusuri berikut identitas dari whois (pemilik domain website) yang didaftarkan di CV. Rumahweb Indonesia (rumahweb.com) dan NAMECHEAP, INC :

Whois idnzone.net
Name : CV. Rumahweb Indonesia
Whois Server : whois.rumahweb.com
Referral URL :https://www.rumahweb.com
Registered On : 2015-12-17
Name Servers : hera.ns.cloudflare.com  173.245.58.162 & hugh.ns.cloudflare.com 173.245.59.117
Address : PO Box 404 Yogyakarta
City : Yogyakarta
State / Province : Yogyakarta
Postal Code : 55000
Country ID Phone +62.82242220053


Whois hariantribun.co
Name : NAMECHEAP, INC.
Status : clientTransferProhibited
Registered On : 2016-11-15
Name Servers : DNS1.REGISTRAR-SERVERS.COM & 216.87.155.33 DNS2.REGISTRAR-SERVERS.COM 216.87.152.33
Address : P.O. Box 0823-03411
City : Panama
State / Province : Panama
Postal Code : 0
Country : Panama
Phone : +507.8365503

Penyebar berita hoax pertama kemungkinan alamat yang diregister menggunakan alamat asli dari Yogyakarta, sedangkan penyebar berita hoax kedua mendaftar dengan identitas palsu ditulis dari panama.

Kini tim Polisi Online sudah menegur pihak penyedia domain agar memban domain penyebar berita hoax dan lebih selektif menerima pendaftar domain dengan alamat palsu, termasuk kepolisian segera menelusuri tindak kejahatan cybercrime penyebar berita hoax ini.

Lapor Polisi Online dan Lapor Hoax adalah gerakan sosial layanan keamanan internet persembahan dari RIZALmedia Tujuannya membantu membuat internet sehat untuk semua.

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :

1 komentar so far

saya ingin melaporkan website penipuan yang sudah menipu banyak orang termasuk saya. ini situs websitenya http://www.mitrapasutri.com/ dan http://www.obatbius-tidur.com/ juga menjual berbagai macam obat obatan online ilegal di indonesia tanpa izin yang sah (SIA) atau tanpa persetujuan dari PharmacyChecker atau LegitScript mengandung konten ilegal . saya harap tim POLISI ONLINE bisa membantu saya untuk memblokir website http://www.mitrapasutri.com/ dan http://www.obatbius-tidur.com/ agar tidak ada lagi penipuan dan menjual obat ilegal.


EmoticonEmoticon